Tips & Cara Berguru Dengan Efektif

Jika anda ingin mencar ilmu dengan efektif, anda harus memliki kemauan untuk mencar ilmu bukan sebagai tuntutan. Jika anda mempunyai kemauan anda merasa tidak terbebani dan tidak merasa harus dituntut untuk belajar, dengan demikian anda dengan gampang mendapatkan dan konsen terhadap pelajaran yang diberikan dan dengan demikian akan gampang masuk dalam otak anda. Kemauan untuk mencar ilmu dan niat mempelajari hal yang belum diketahui merupakan cara mencar ilmu yang banyak diterapkan oleh orang orang yang sukses dalam menggeluti bidang terkait yang dipelajarinya. Nah berikut ialah beberapa cara semoga anda bisa mencar ilmu dengan lebih efektif:

 anda harus memliki kemauan untuk mencar ilmu bukan sebagai tuntutan Tips & Cara Belajar Dengan Efektif

Cara Belajar Dengan Efektif

Bereksplorasi bukan hanya menghafal
Bereksplorasi ialah mengetahui segala hal yang belum diketahui dengan daya penalaran. Metode budi sehat bukan hanya efektif untuk mencar ilmu sesuatu namun juga akan membuat sesorang mempunyai pengetahuan yang luas dan kreatif. Mungkin dengan hanya menghafal anda akan mengerti pelajaran formal yang diberikan tetapi dengan daya budi sehat anda akan menguasai pelajaran serta praktek di lapangan. Penalran akan membuat metode mencar ilmu menjadi lebih efektif dan menambah ilmu pengetahuan secara luas bukan hanya pelajaran formal namun juga pelajaran informal sehingga anda akan lebih kreatif dan mandiri.

Pahamilah bahan dengan mempelajari konsep-konsepnya, menghafal memang dierlukan namun akan lebih baik lagi jikalau anda bisa berbagi pelajaran yang anda hafal dengan lebih luas mulai dari bagaimana hal itu bisa terjadi, mengapa, apa selanjutnya, begitulah cara berpikir yang harus dikembangkan meskipun memakan waktu yang cukup lama. Karena dikala anda hidup berdikari nanti anda membutuhkan banyak pengetahuan yang anda pelajari dulu, nah jikalau anda cuma menghafal saja bagaimana jikalau yang anda pelajari ternyata mempunyai arti lebih luas, lebih kompleks...Seperti dalam film 3 idiots, ada petikkan yang memang benar adanya dan memberi kita pesan bahwa "Dengan menghafal, kau bisa menghemat waktumu selama 4 tahun di universitas, namun kau telah menghancurkan 40 tahun hidupmu kedepan"

Berusaha mempelajari apapun yang belum diketahui
Teruslah berusaha mempelajari hal hal yang belum anda tahu, jangan aib menyakan pelajaran atau pemahaman yang memang belum anda ketahui. "Malu bertanya, sesat dijalan" Jangan hanya alasannya ialah anda aib untuk bertanya sesuatu, jangan hingga anda menyesal dikemudian hari. Jangan aib bertanya bila kita tidak bisa, jangan jadikan gengsi "takut dibilang lambat oleh teman2" sebagai alasan, alasannya ialah hal yang ibarat itu tidak masuk akal! Biarkan orang lain menganggap anda "lambat" dengan pertanyaan pertanyaan yang anda usikan kepada pengajar, namun buktikan bahwa suatu saatnya nanti anda "cepat" dan buktikan kepada mereka anda berprestasi.

Belajar kelompok Ya metode mencar ilmu ini masih cukup efektif, dengan bekerja sama anda bisa saling tukar pikiran pelajaran yang belum anda ketahui atau memecahkan persoalan pelajaran bersama sama, ingat berpikir dengan "banyak otak" itu akan lebih baik daripada anda memikirkannya sendiri.

Cintailah pelajaran anda
Seperti lazimnya orang yang sukses dibidang yang digelutinya, alasannya ialah mereka mengasihi pekerjaan mereka. Begitu juga dengan cara untuk mencar ilmu efektif, dengan mengasihi pelajaran yang anda tidak sukai merupakan cara mencar ilmu yang efektif semoga anda gampang memahaminya tanpa keengganan atau perasaan tidak suka akan suatu pelajaran. Anda tidak bisa dalam fisika (misal), namun anda sangat mengasihi pelajaran yang satu ini. Maka dengan kecintaan itu, suatu dikala akan menjadikan anda seorang fisikawan hebat, alasannya ialah sesuatu yang dilakukan sepenuh hati akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Sekarang tidak bisa, namun alasannya ialah kecintaan tersebut anda mempelajarinya setiap waktu, tunggulah hingga mimpi indah tiba.

Lihatlah orang orang ndeso disekitar kita
Dengan melihat rang orang ndeso disekitar kita bukan berarti anda boleh mengejek atau berpikiran negatif kepada mereka, tetapi lebih untuk memotivasi diri anda. Lihat apa yang akan anda terima jikalau anda tidak rajin mencar ilmu dan melupakan tujuan anda belajar. Tujuan anda kuliah atau sekolah ialah untuk menuntut ilmu sebanyak banyaknya semoga anda menjadi orang yang berilmu dan memudahkan anda untuk hidup dimasa mendatang. Kaprikornus jangan lupakan tujuan anda mencar ilmu dan mencar ilmu banyak dari orang orang disekitar kita yang tidak mau belajar.

Belajar dan doa
Ya memang benar ada kaitan antara mencar ilmu efektif dan doa. Percuma saja anda berilmu namun tidak mempunyai budi pekerti yang baik. Saat anda jadi "orang" nanti anda bisa menyalah gunakan kekuasaan, menyalah gunakan kepandaian anda untuk hal hal yang tidak baik jikalau anda dari mulai kini tidak menanmkan budi pekerti yang baik. Berdoa juga merupakan wujud kepasrahan kita kepada Tuhan yang Maha Esa dan memotivasi diri anda untuk mencar ilmu dengan cara baik.

Belajar tanpa menghiraukan Mood
Saya yakin anda mempunyai mood mencar ilmu jikalau akan ujian atau akan menghadapi test. Untuk itu tetaplah mencar ilmu tanpa menunggu mood anda datang, memang benar mood membuat suasana nyaman untuk anda bisa mencar ilmu namun jikalau anda menunggu mood anda tiba bisa bisa anda mencar ilmu sebulan hanya satu kali hehehehe...Jika anda tidak bisa mencar ilmu tanpa mood maka bangunlah mood anda biar anda bisa mencar ilmu dengan baik ibarat teladan saja mencar ilmu di alam bebas atau luar ruangan, belajarlah di pagi hari alasannya ialah tubuh dan pikiran anda masih fresh, mencar ilmu dengan sahabat sahabat anda, pada dasarnya bisa membangkitkan mood anda untuk belajar.

Sedikit tapi teratur
Ya mencar ilmu itu bukan perkara gampang bukan berarti jikalau anda mencar ilmu seharian dengan pelajaran kimia seumpamanya, tidak berarti anda secara impulsif bisa mendalami pelajaran tersebut dalam 1 hari. Sedikit tetapi teratur akan mempunyai cara yang efektif. 30 menit tiap hari mencar ilmu akan lebih efektif dari pada anda mencar ilmu nonstop 3 hari dikala akan ujian. Otak akan lebih bisa mendapatkan pelajaran yang sedikit tetapi secara teratur anda latih belajar. Sebuah iman yang saya rasa sangat keliru, "kamu harus mencar ilmu sungguh-sungguh, besok ada ujian" Ini ialah kesalahan, sesungguhnya ketika akan ujian itu kita gunakan untuk merehat otak sekejap, justru pas hari-hari biasalah kita harus sungguh-sungguh. Sistem KS (kebut semalam) sangat merusak cara berpikir kita, alasannya ialah hanya akan menjadikan tekanan bukan pengetahuan.