8 Tips Efektif Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imune atau sistem kekebalan badan yang baik akan menangkal radikal bebas, basil maupun virus sehingga kita tidak gampang terjangkit penyakit. Saat pergantian cuaca, perubahan animo seringkali kita gampang terkena pilek, batuk, demam dan beberapa jenis penyakit paling umum sebab perubahan cuaca ini dengan gampang sebab sistem kekebalan badan yang menurun. Seperti dikutip dari situs kesehatan Best health mag ada beberapa cara sederhana yang sanggup kita lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan badan dengan cara gampang sehingga kita tidak gampang terjangkit penyakit.

Sistem kekebalan badan yang berpengaruh akan membantu reaksi badan dalam mencegah kuman atau basil penyebab penyakit memasuki badan kita, dan berikut ialah beberapa cara sederhana untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh semoga badan kita tetap fit dan tidak gampang terjangkit penyakit.

 Sistem imune atau sistem kekebalan badan yang baik akan menangkal radikal bebas 8 Tips Efektif Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berpikir positif
Pikiran yang positif sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh, begitulah pernyataan berdasarkan para ahli. "Orang senang dan berpikiran positif lebih mempunyai sistem kekebalan badan yang stabil dibandingkan mereka yang tidak," kata Sheldon Cohen, seorang profesor psikologi di Carnegie Mellon University. Dalam penelitiannya, orang-orang yang mempunyai anutan positif lebih mempunyai daya tahan badan yang berpengaruh dari beberapa penyakit musiman menyerupai batuk, flu, pilek dan demam. Orang dengan emosi positif yang tinggi menghasilkan cukup sitokin (protein) untuk membantu merekrut sel-sel imun lainnya untuk melawan infeksi, Cohen menjelaskan.

Berolahraga secara teratur
Dengan berolahraga secara teratur maka metabolisme badan akan berjalan dengan baik, dengan sistem metabolisme yang meningkat maka sistem imun atau sistem kekebalan badan juga akan meningkat. Bahkan dalam penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Medicine. Para ilmuwan di Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle meneliti perbandingan insiden pilek pada 115 perempuan, beberapa di antaranya melaksanakan olahraga atau aktifitas fisik lima hari seminggu selama 45 menit, dan sebagian lainnya melaksanakan aktifitas fisik atau berolahraga seminggu sekali selama 45 menit. Dan penelitian menunjukan perempuan yang selalu melaksanakan olahraga secara teratur 5 kali dalam seminggu selama 15 menit mempunyai sistem kekebalan badan yang lebih baik 4 kali daripada mereka yang melaksanakan aktifitas fisik sekali dalam seminggu selama 45 menit.

Rajin mencuci tangan
"Mencuci tangan ialah cara yang paling revolusioner untuk menghentikan penyebaran infeksi," kata Dr Pierre Plourde, Dinas Kesehatan Kesehatan dengan Otoritas Kesehatan Daerah Winnipeg. Penyebaran atau penularan penyakit memang gampang terjadi, Anda hanya perlu melaksanakan kontak fisik dengan penderita pilek atau flu dan kemudian menyentuh mata, hidung atau ekspresi maka anda akan tertular atau terinfeksi. Sebuah Ulasan di BMJ (British Medical Journal) tahun 2008 mencatat bahwa mencuci tangan jauh lebih efektif dalam mengurangi risiko penyakit dari obat antivirus. Pastikan anda mencuci tangan anda dengan benar yaitu basuh selama 20 detik memakai sabun dan air hangat.

Konsumsi yoghurt
"Probiotik sanggup meningkatkan sistem kekebalan badan lebih sehat," kata Dr Eric Gershwin, kepala Pra, alergi dan imunologi klinis di University of California di Davis. Probiotik ialah pelengkap dari mikroorganisme hidup yang ditambahkan ke masakan menyerupai yogurt, dan juga tersedia dalam bentuk kapsul.

Makan brokoli
Penelitian menawarkan bahwa mengonsumsi sayuran berwarna cerah dan buah-buahan meningkatkan kekebalan badan lebih baik daripada kebanyakan suplemen. Makan setidaknya delapan porsi sehari membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Ginseng & Vitamin C
Ramuan ginseng telah terbukti membantu mencegah pilek ketika diambil sesaat sehabis timbul gejala. Beberaapa buah-buahan yang kaya akan vitamin C mempunyai potensi anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi.

Vitamin D
Sebuah studi di Finlandia menemukan bahwa orang-orang dengan vitamin D rendah, satu setengah kali lebih mungkin untuk mendapat nanah pernapasan dibandingkan dengan mereka yang tercukupi asupan Vitamin D. Demikian juga, para peneliti di Winthrop-University Hospital di New York yang meneliti imbas dari suplementasi vitamin D (hingga 2.000 IU per hari) pada kepadatan mineral tulang pada perempuan Afrika-Amerika menetapkan bahwa penerima dalam kelompok non-plasebo dilaporkan tiga kali lebih mempunyai daya tahan badan dari tanda-tanda flu dibandingkan mereka yang mengambil plasebo. (Kesehatan Kanada menyarankan 200 IU per hari untuk orang remaja di bawah usia 50, dan 400 IU untuk orang-orang di atas 50.)

Mendapatkan vaksinasi
Meskipun vaksinasi flu tahunan hanya sekitar 80 persen efektif, itu masih salah satu pertahanan terbaik yang kita punya, kata Dr Pierre Plourde, petugas medis kesehatan dengan Otoritas Kesehatan Daerah Winnipeg. Beberapa khawatir bahwa sebab vaksin flu mengandung beberapa strain influenza dalam satu tembakan, itu benar-benar sanggup pajak sistem-tapi kekebalan jangan khawatir. "Sistem kekebalan badan Anda mempunyai kapasitas fenomenal," katanya. Hingga delapan juta orang Kanada terinfeksi oleh flu setiap tahun, sehingga rata-rata 20.000 rawat inap dan 4.000 simpulan hidup (sering orang bau tanah dan sangat muda). Manfaat tembakan, kata Plourde, jauh lebih besar daripada risiko.