8 Tips Mengendalikan Amarah (Emosi) Anda

Saya yakin anda ialah seorang pemarah hehehhee,...tentu saja alasannya anda bisa hingga ke halaman ini tentu alasannya anda ingin mencari solusi untuk berguru mengendalikan emosi atau amarah anda. Memiliki emosi atau amarah menerangkan bahwa anda normal dan tidak ada gangguan kejiwaan dan kesehatan, yang menjadi dilema ialah ketika emosi anda melebihi nalar budi budi anda atau anda mempunyai kondisi emosional yang meledak-ledak. Emosi yang stabil ialah hal masuk akal dan normal bahkan beberapa penelitian menawarkan bahwa mempunyai emosi yang stabil menerangkan anda dalam kondisi sehat yang paling penting ialah anda bisa mengelolanya dengan cara yang positif. Kemarahan atau kondisi emosional yang tidak terkontrol sanggup menghipnotis gangguan kesehatan Anda dan tentu saja kekerabatan sosial Anda dengan orang-orang disekitar Anda.

Nah kalau anda ialah tipe orang yang pemarah dengan kondisi emosional yang tidak stabil, anda berada di halaman blog yang sempurna alasannya pada artikel kali ini saya akan sedikit share wacana 8 tips bagaimana berguru mengendalikan amarah atau emosi anda dengan stabil dan lebih positif. berikut tips cara mengendalikan emosi dan amarah yang meledak-ledak atau tidak stabil:

 Saya yakin anda ialah seorang pemarah hehehhee 8 Tips Mengendalikan Amarah (Emosi) Anda

Tips Mengendalikan Amarah (Emosi)

Berpikir sebelum Anda berbicara
Kebanyakan seseorang yang emosional ketika emosinya terpancing akan mengeluarkan kata-kata atau perkataan yang tidak terkontrol. Mereka akan memaki, mengeluarkan kata kotor bahkan berkata "terlalu berani" yang tentu saja dalam kondisi normal hal itu mungkin menjadi penyesalan. Dalam kondisi "panas" atau emosi memuncak sangat gampang untuk menyampaikan sesuatu yang nanti akan anda sesali di kemudian hari. Tidak ada keputusan yang baik yang bisa diambil ketika anda dalam kondisi marah. Makara berpikirlah dahulu sebelum berbicara, ketika anda emosi ambil nafas yang panjang kemudian keluarka perlahan lahan, coba buka pikiran Anda sebelum berkata dan membiarkan orang lain yang terlibat dalam situasi atau kondisi sama (sama sama emosi) untuk melaksanakan hal yang serupa dengan anda.

Setelah Anda tenang, ekspresikan kemarahan Anda
Ya emosi yang terpendam tidak baik untuk kesehtan fisik maupun pikiran anda, daripada anda menyimpan rasa dongkol atau rasa dendam dan bisa melupakan kejadian atau menciptakan emosi anda timbul kembali, tenangkan dan redam emosi anda sehabis anda benar benar hening ungkapkan atau luapkan frustrasi Anda dengan cara yang tegas tapi tidak konfrontatif atau memicu perdebatan atau pertengkaran yang lebih ahli lagi. Anda bisa meluapkan emosi anda dengan tidak menyakiti orang lain dengan cara berteriak sekeras anda (tentunya di kamar atau kawasan sepi supaya tidak mengganggu orang lain).

Berolahraga secara teratur
Nah anda niscaya bertanya "Apa hubungannya mengendalikan emosi dengan aktifitas olahraga"?. Jelas saling berkaitan tentunya, berdasarkan dunia medis acara fisik sanggup membantu mengurangi stres, stres merupakan pemicu yang sanggup mengakibatkan Anda gampang menjadi marah. Dengan berolahraga teratur maka otak anda akan lebih banyak mengeluarkan zat yang berjulukan endorphin, zat yang menjadikan perasaan bahagia, senang, nyaman, sejahtera, cinta dan perasaan menyenangkan lainnya. nah kalau anda merasa nyaman, senang dan senang tentu saja anda tidak akan menjadi pemarah kan? Jika Anda merasa kemarahan Anda meningkat, pergi untuk jalan cepat atau lari, atau menghabiskan waktu melaksanakan kegiatan fisik yang menyenangkan lainnya.

Istirahat yang cukup
Saat anda kurang tidur atau kurang beristirahat maka anda akan gampang lelah, tidak fokus, malas dan gampang untuk emosi atau marah. Beri diri Anda istirahat yang cukup ketika aktifitas anda benar benar bisa memicu stres atau ketegangan. Beberapa ketika dengan waktu hening mungkin bisa membantu Anda merasa lebih siap untuk menangani apa yang di depan tanpa emosi atau perasaan marah.

Cari solusi bukan cari penyebab
Jika anda hanya berfokus pada apa yang menciptakan Anda marah, hal itu hanya akan menciptakan anda semakin emosi. cari solusi supaya amarah anda mereda dan sanggup anda kendalikan dengan baik. Jika anda merasa emosi ketika dijalan selalu macet alasannya anda pergi kantor kesiangan maka lebih baik anda bangkit lebih pagi untuk berangkat ke kantor supaya anda tidak terlambat, atau ketika anda pulang kantor lihat ruangan rumah kotor dan bisa memicu anda murka sebaiknya anda bersihkan, dengan begitu anda menemukan solusi untuk tidak berdebat dengan orang lain yang justru bisa memicu amarah anda memuncak. Ingatkan dan katakan pada diri Anda bahwa kemarahan tidak akan memperbaiki apapun dan mungkin hanya membuatnya lebih buruk.

Jangan menyimpan dendam
Memaafkan ialah hal yang ampuh untuk meredam amarah anda. Jika Anda membiarkan kemarahan dan perasaan negatif tersimpan didalam pikiran maupun hati anda hal tu justru akan menciptakan emosi atau amarah akan selalu mengikuti anda. Tapi kalau Anda sanggup memaafkan seseorang yang menciptakan anda marah, Anda mungkin bisa berguru dari situasi dan hal itu bisa menciptakan anda lega. Merupakan hal yang tidak realistis kalau anda mengharapkan semua orang untuk berperilaku persis ibarat yang Anda inginkan atau harapkan setiap saat.

Tertawa dan buat hal lucu
Bagimana anda bisa murka kalau anda tertawa. Gunakan humor atau dagelan yang bisa menciptakan anda tertawa untuk membantu Anda menghadapi dan mengendalikan emosi atau amarah anda.

Relaksasi
Ketika amarah anda memuncak coba gunakan metode ampuh ini untuk meredakan amarah anda. Metode ibarat mengatur nafas, tersenyum, atau mengulangi kata atau frase yang menenangkan dalam hati anda seperti, "Tenang saja atau tetap tenang." Anda mungkin juga bisa mendengarkan musik, menulis dalam sebuah jurnal atau melaksanakan yoga atau meditasi atau hal apa pun untuk mendorong relaksasi yang bisa meredakan amarah anda.