Tips Mengubah Kebiasaan Yang Perlu Ditiru Untuk Sukses

Setiap orang mempunyai kesempatan untuk sukses sama ibarat insan lainnya, tidak ada alasan anda tidak bisa untuk sukses sama ibarat sudara, teman, sahabat, rekan, tetangga atau bahkan orang yang tidak anda kenal yang terlebih dahulu sukse. Anda bisa ibarat mereka yang perlu anda lakukan ialah mengubah kebiasaan dan pola pikir anda untuk menjadi lebih sukses. Anda bisa sukses bila anda optimis ketika anda melihat orang yang telah sukses dengan menyampaikan " ya saya bisa ibarat dia" dan banyak orang akan gagal dan menjauhi kesuksesan bila mereka berkata dan membandingkan "dia kan punya modal sedangkan saya tidak", "dia kan punya ijazah tinggi sedangkan saya cuma lulusan SMK" dll.

Banyak orang menyampaikan bahwa setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi orang sukses dan ini memang benar, orang yang berpikir optimis, berkembang dan mempunyai jiwa untuk sukses selalu melihat hal dengan cara berbeda mengakibatkan kekurangan untuk memotivasi dan mengakibatkan kelebihan sebagai kesempatan untuk sukses. Jika orang sukses melihat orang lain lebih sukses mereka akan menyampaikan kepada dirinya bahwa; "Jika beliau sama ibarat saya, sama sama memakan makanan yang sama, sama sama menghirup udara yang sama, maka bila beliau sukses maka saya juga bisa sukses dan saya merasa bisa dan mempunyai kesuksesan ibarat dia".

Sedang orang yang pesimis dan sulit untuk sukses mengakibatkan kekurangan menjadi penghambat dan kelebihan sebagai hal yang tidak disyukuri dan tidak dipakai untuk meraih sukse, mereka akan menggerutu dan mengeluh bila mereka tidak mendapatkan apa yang diinginkan dan cepat puas diri ketika apa yang mereka sanggup bisa tercapai. Hal ini memang benar, dan nyatanya hanya sedikit orang yang bisa memanfaatkan kesempatan tersebut sehingga jadinya menjadi sukses dan banyak juga diantara mereka yang malah menyia-nyiakannya sehingga mereka menjalani kehidupan monoton dan biasa saja.

 Setiap orang mempunyai kesempatan untuk sukses sama ibarat insan lainnya Tips Mengubah Kebiasaan Yang Perlu Ditiru Untuk Sukses

Kali ini saya akan menshare kutipan motivasi yang saya baca dari Marc salah satu orang yang saya idolakan dengan motivasinya yang berharga, Marc ialah salah satu penulis blog terkenal dan sukses yaitu Marc and Angel telah mempelajari kebiasaan dari banyak orang sukses dan membuat kesimpulan ternyata mereka semua mempunyai kebiasaan yang berbeda dalam menjalani hidupnya untuk meraih sebuah sukses dan berikut ialah 12 hal yang dilakukan oleh orang-orang sukses:

S.M.A.R.T
Marc menyampaikan untuk menjadi sukses anda butuh smart (berpikir cerdas) dan SMART (singkatan kebiasaan menuju sukses) Orang-orang yang sukses ialah orang-orang yang objektif. Mereka selalu mempunyai sebuah sasaran yang realistis dalam pikirannya. Mereka tahu apa yang mereka inginkan dan berusaha untuk mengejar hal tersebut. Untuk itu mereka biasanya membuat sebuat sasaran S.M.A.R.T. dan berusaha mewujudkannya. Menurut Marc, sasaran S.M.A.R.T. ialah Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Timely. Mari kita bahas satu per satu.

Spesific (target yang spesifik) Target yang ingin anda capai haruslah spesifik, tentukan batasannya dan jangan hingga sasaran yang akan dipenuhi meluas. Target yang lebih spesifik mempunyai kesempatan untuk  anda penuhi dan anda selesaikan lebih besar dibanding sasaran yang umum. sasaran spesifik bisa anda temukan dan anda lihat dari talenta atau kemampuan yang anda miliki, bila anda mempunyai talenta penjual maka juallah produk atau jasa yang anda miliki, bila anda mempunyai talenta menulis maka tulislah yang bermanfaat dan kembangkan goresan pena anda untuk sesuatu yang menghasilkan. Orang sukses akan spesifik dalam satu bidang yang sesuai dengan bidangnya dan kemampuannya, mereka akan fokus dengan hal itu dan bila mereka telah sukses mereka gres akan mengembangkannya menjadi object yang lebih luas.

Measurable (target yang terukur) Tidak hanya spesifik, anda juga harus membuat sasaran tersebut sanggup diukur secara logis untuk mengetahui proses dari sasaran anda. Tanyakan kepada diri anda, ibarat berapa banyak? berapa lama? Sehingga anda bisa mengetahui kapai sasaran tersebut terpenuhi. Kapan anda bisa mengukur sasaran anda, catatlah perjuangan yang anda lakukan selama sebulan dan lihat hasilnya pada final bulan dan anda bisa memilih sasaran terukur anda berjangka.

Attainable (target yang bisa dicapai)  anda harus membuat sasaran yang objektif atau dengan kata lain sanggup ada capai dan selesaikan atau dengan kata lain sasaran tersebut harus realistik dan anda tahu cara menuntaskan sasaran tersebut. Rencanakan tahun ini sukses apa yang anda ingin capai dan berusahalah untuk merealisasikannya dengan kemampuan dan talenta yang anda miliki.

Relevant (target yang sesuai) Target yang relevan maksudnya ialah apakah sasaran tersebut penting dan bisa anda capai serta sesuai dengan diri anda. Target yang anda tentukan juga harus sesuai dengan kemampuan yang anda miliki, akan menjadi hal abnormal dan tidak relevan bila anda menginginkan mempunyai uang miliaran rupiah dalam sehari tanpa anda melaksanakan apa apa.

Timely (Waktu tertarget) Hal ini merupakan hal penting. Waktu, anda harus mempunyai sebuah deadline atau tenggat waktu dari setiap sasaran yang anda buat. Ini akan membantu anda untuk lebih fouks kepada perjuangan anda sehingga sanggup menyelesaikannya sebelum tenggat waktu yang ditentukan. Kaprikornus benarlah bahwa waktu ialah uang, waktu sangat berharga dan hal semacamnya, anda bisa mencapai segala hal dengan mempunyai waktu untuk mewujudkannya, namun anda tidak akan bisa memutar kembali atau mendapatkan kesempatan atas waktu yang anda buang, jadi pergunakanlah waktu anda sebaik mungkin.

Jika anda ingin berhasil dan sukses, anda harus bisa membuat sasaran anda menjadi sasaran yang S.M.A.R.T. Target yang berarti cerdas dan sasaran yang berakronim Spesifik, Measurable, Attainable, Relevant, Timely. alasannya nantinya sasaran ini akan membantu dan memperlihatkan motivasi kepada anda untuk berusaha menuntaskan sasaran tersebut. Setiap orang yang sukses atau berusaha ingin sukses harus mempunyai sasaran dalam hidupnya. Jika sasaran anda ialah sebuah kesuksesan, maka ukur kesuksesan tersebut, buat lebih spesifik, jadikan objektif dan relevan dan buat deadlinenya.

Mulailah dengan sebuah sasaran kesuksesan yang kecil, bila anda seorang penjual sepatu. Tentukan berapa yang harus anda jual dalam satu hari, contohnya sasaran anda menjual 1 pasang sepatu setiap hari. Capailah sasaran tersebut terlebih dahulu, sehabis anda berhasil tingkatkan menjadi 5 pasang. Jika berhasil lagi tingkatkan menjadi 10 pasang. Sampai jadinya anda sanggup menjual jutaan pasang sepatu setiap harinya dan menjadi seorang pengusaha sepatu yang sukses.

Orang sukses ialah orang yang berani mengambil tindakan tegas dan segera
Perlu anda tahu, menjadi pandai dan akil tidak memilih anda akan menjadi orang yang sukses. Hanya orang berani melaksanakan tindakan untuk merubah dirinya yang sanggup menjadi orang sukses dan mereka memanfaatkan orang-orang pandai untuk bekerja kepada mereka. Apakah benar demikian? Lihat kenyataan ini, Siapa itu Bill Gates? Dia hanyalah seorang mahasiswa yang drop out dari sekolahnya dan melaksanakan sebuah tindakan dengan membuat sebuah software yang jadinya mengubah dunia ini. Hasilnya? Dia berhasil sukses dengan perusahaan Microsoft yang didirikannya,

Siapa itu Richard Branson? Dia hanyalah seorang penderita diseleksia yang dikeluarkan dari sekolahnya dan dengan berawal dari menjual majalah, jadinya beliau berhasil membangun sebuah kerajaan bisnis bernilai miliaran dollar, berjulukan Virgin Group.

Anda mempunyai gelar sarjana S1, S2, S3 , Doktor, Master namun bila anda tidak melaksanakan tindakan tegas untuk merealisasikan dan memakai kepandaian anda itu hanya hal yang sia sia dan hingga kapapnpun keinginan anda tidak akan terwujud. Kaprikornus anda hanya perlu berani membuat tindakan tegas untuk merubah hidup anda atau bahkan hidup orang lain menjadi lebih baik dan menjadi orang yang sukses. Semua pengetahuan dan kecerdasan sebetulnya tidak berkhasiat sama sekali tanpa ada sebuah tindakan. Simpel kan?

Mereka fokus menjadi produktif, bukan menjadi sibuk
Siapa saja bisa membuat kesibukan, namun belum tentu siapa saja bisa produktif. Menjadi orang yang sibuk belum tentu akan membuat anda menjadi orang yang berhasil, tapi dengan menjadi orang yang produktif pastinya akan membuat anda sukses. Orang sibuk identik dengan seberapa banyak acara yang bisa mereka lakukan, sedang orang produktif akan memakai waktu yang terbatas untuk sebanyak mungkin menghasilkan.

Work “smarter”, not harder. Bekerja lebih cerdas daripada bekerja lebih keras. Walaupun kedua hal ini diharapkan dan tetap bersinergi, anda berpikir cerdas namun bila anda tidak mengusahakannya dengan keras juga percuma, sedang anda bekerja keras namun tidak berpikir cerdas mengembangkannya juga sama saja. Mungkin ini ialah ungkapan yang tepat untuk kini ini. Bagaimana anda mengubah kesibukan anda menjadi sebuah produktifitas? Mudah. Tenangkan diri anda, review semua kesepakatan dan sasaran yang sedang anda ingin capai. Buatlah prioritas dari tugas-tugas anda, dan lakukan kiprah tersebut satu per satu mulai dari yang terpenting. Berikan diri anda untuk beristirahat disela-sela kiprah satu dengan kiprah lainnya. Ingat hasil ialah yang paling penting dibanding waktu yang anda capai untuk meraih hasi tersebut.

Membuat keputusan yang logis dan objektif
Kadang orang yang sukses sanggup meruntuhkan semua yang telah beliau bangun bertahun-tahun hanya dengan sebuah keputusan yang emosional, dimana beliau sangat dipengaruhi perasaannya dalam mengambil keputusan tersebut. Emosi atau perasaan memang memperlihatkan sebuah warna yang berbeda dalam kehidupan kita. Emosi juga sanggup membuat kita melaksanakan hal yang salah, terutama dalam membuat sebuah keputusan. Satu hal yang perlu diingat ialah jangan hingga emosi anda menguasai kebijaksanaan dan kebijaksanaan anda dalam mengambil sebuah keputusan. Jika hal ini terjadi, tenangkan dulu diri anda, hingga anda sanggup berpikir dengan jernih, sehabis itu gres anda membuat keputusan.

Mereka menghindari untuk membuat segala hal menjadi sempurna
Kesempurnaan memang menjadi tujuan setiap orang dalam menuntaskan kiprah atau sasaran yang dicapainya. Tapi kesempurnaan itu juga membuat seseorang terlalu banyak menghabiskan waktu dan perhatian untuk membuatnya dan juga menjaganya, hingga jadinya mereka melupakan hal lain yang seharusnya mereka lakukan. Seorang perfeksionis sangat menyukai sebuah kesempurnaan dalam hidupnya dan mereka juga selalu sulit untuk memulai suatu hal atau bahkan menyelesaikannya. Karena pada dasarnya  mereka selalu mempertimbangkan matang-matang suatu hal sebelum mereka memulai atau menuntaskan hal tersebut.

Ingat, untuk menjadi seorang yang sukses tidak selalu harus menjadi orang perfeksionis, anda hanya perlu berani memulai dan menuntaskan sasaran anda, dan berusaha memperbaiki hasil dan proses yang anda lalui biar semakin baik dan semakin baik. Lagi pula tidak ada yang tepat di dunia ini, iya kan?

Mereka bekerja diluar zona nyaman mereka
Mereka yang sudah sukses kini ini, alasannya mereka bisa bekerja atau melaksanakan sesuatu diluar zona nyaman mereka. Orang-orang ini berani mengambil kesempatannya untuk mengubah hidup mereka, dan juga berani untuk mendapatkan kegagalan yang jarang bisa diterima oleh orang-orang yang berada di zona nyaman. Jika anda merasa hidup anda kini ini cukup membahagiakan dan terjamin, maka ketika ini anda berada di zona nyaman. Untuk menjadi orang yang sukses, anda harus berani keluar dari zona tersebut dan melaksanakan sebuah tindakan perubahan serta mendapatkan resiko sebuah kegagalan. Perlu diingat, orang yang sukses ialah orang yang bisa mendapatkan sebuah kegagalan yang mereka hadapi dan berdiri kembali untuk mewujudkan impiannya.

Mereka mengakibatkan sesuatu lebih sederhana
Leonardo da Vinci pernah menyampaikan “Simplicity is the ultimate sophistication.” artinya kesederhanaan ialah sebuah kesempurnaan. Sesuatu yang sederhana dan simple tidak berarti berkualitas buruk, kadang hal tersebut memperlihatkan manfaat yang berkhasiat bagi setiap orang. Di jaman modern ini, gosip sangat cepat bergerak dan muncul banyak penemuan yang tiada batasnya. Sayangnya hal ini membuat sebuah komplikasi, kesulitan dan juga konflik kebingungan.

Orang yang ketika ini telah meraih kesuksesan berusaha selalu membuat sesuatu menjadi sesederhana mungkin sehingga gampang dimengerti dan juga dipahami. Kita bisa mengambil pola dari Google, dan melihat bagaimana mereka membuat mesin pencarinya begitu sederhana dan mudah dengan hanya menampilkan logo dan kotak pencari didalamnya, tanpa adanya hal-hal lain yang tidak perlu. Namun kesederhanaan tersebut, membuat Google menjadi lebih gampang digunakan, sehingga pada jadinya perusahaan ini bisa menjadi perusahaan internet terbesar di dunia.

Mereka berfokus membuat sesuatu yang kecil dengan pengembangan tanpa henti
Mulailah dengan suatu perubahan yang kecil, dengan mimpi yang besar. Tidak ada seorang pun yang bisa membuat hal besar pribadi dalam sekejap mata. Semua itu dimulai dari sesuatu yang kecil dengan pengembangan tanpa henti, alasannya bila terus dikembangkan hal yang kecil juga lama-lama bisa menjadi besar.

Jika anda mulai dengan hal yang kecil, anda tidak harus membutuhkan banyak motivasi dan sumber-sumber untuk membuat hal tersebut. Setelah hal yang kecil tersebut tercipta, mulai kembangkan dan terus kembangkan hingga lama-kelamaan hal tersebut menjadi sebuah hal yang besar dan sanggup mengubah orang-orang di dunia.

Lihat bagaimana Facebook memulai, dari hanya jejaring sosial kecil untuk mahasiswa, hingga jadinya menjadi jejaring sosial yang telah mempunyai 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Atau pengusaha Bob Sadino, yang memulai usahanya dari berjualan telur keliling, hingga jadinya beliau berhasil mengelola jaringan ritel makanan Kem Chicks yang tersebar dimana-mana.

Mereka selalu mengukur dan melihat proses dari sasaran mereka
Orang-orang yang sukses tidak hanya bekerja di bisnis mereka, tapi mereka juga bekerja dalam bisnisnya. Mereka selalu mengevaluasi apa yang mereka telah lakukan. Mereka juga mengukur posisi mereka dengan sasaran yang akan mereka capai dan berusaha mengetahui bagaimana cara meng-improve-nya.

Anda tidak sanggup mengontrol apa yang anda tidak ukur dan ketahui. Jika anda bisa melihat dimana posisi anda ketika ini, anda bisa menetapkan apakah cara anda sudah benar atau anda berada di jalan yang salah. Dengan begitu anda sanggup memperbaiki cara anda dalam mencapai sasaran tersebut.

Coba ukur setiap tindakan yang anda lakukan, catat proses tersebut biar anda sanggup mengingatnya. Lalu menetapkan sasaran yang ingin anda capai dan ukur apakah anda sudah mencapai sasaran tersebut atau belum. Jika belum, pastinya ada sesuatu yang salah yang anda lakukan dan anda harus memperbaikinya biar anda bisa mencapai sasaran tersebut.

Mereka berkonsentrasi kepada hal yang positif dan juga berguru dari kesalahan mereka
Orang-orang sukses ialah orang-orang yang bisa berpikir positif dan berkonsentrasi pada hal positif tersebut. Mereka tahu kepositifan mereka bisa membawa mereka kepada sebuah kesuksesan. Kehidupan ini selalu mencoba menguji anda apakah anda akan terus berpikir positif atau malah berpikir negatif. Ujian itu ialah kegagalan. Jika anda berpikir positif, anda akan melihat kegagalan tersebut ialah sebuah kesempatan dan sebaliknya bila anda berpikir negatif, anda akan melihat kegagalan ialah final dari semuanya. Belajarlah dari kegagalan dan jadikan itu watu loncatan anda untuk maju lebih jauh lagi. Jangan hingga pikiran negatif menguasai anda dan melumpuhkan diri anda untuk menjadi orang sukses.

Mereka menghabiskan waktu dengan orang-orang yang benar
Pernahkah anda melihat seorang administrator dari sebuah perusahaan multinasional bergaul dengan preman? Tentunya tidak. Dia pastinya akan bergaul dengan orang-orang profesional dan ahli. Orang-orang sukses selalu menghabiskan waktu mereka untuk bergaul dan berkomunikasi dengan orang-orang yang sama dengan mereka, bisa mendukung mereka dan juga satu bidang dengan mereka. Mereka membuat sebuah ikatan sosial yang sanggup memunculkan energi gres bagi mereka dan membuat mereka bisa meraih sasaran mereka.

Sebenarnya sangat sederhana, pergaulan anda akan memilih menjadi apakah anda. Jika bergaul dengan orang-orang yang salah, anda akan menerima energi negatif yang akan membuat anda menjadi negatif, begitu juga sebaliknya. Pastikan anda bekerjasama dengan orang yang bisa mendukung anda untuk mencapai apa yang ingin anda raih.

Mereka berusaha menyeimbangkan kehidupan mereka
Kadang ada orang yang berhasil membuat sukses bisnisnya dan mempunyai banyak uang, namun disisi lain beliau tidak senang alasannya tidak mempunyai cinta dalam dirinya dan membuatnya kesepian. Atau seorang yang sangat senang alasannya dikelilingi orang yang bisa mengasihinya, tapi sayangnya orang tersebut harus bekerja keras untuk mendapatkan uang.

Jangan hingga anda terjebak dalam hal ini. Pastikan hidup anda seimbang baik untuk bisnis, sosial, keluarga dan cinta. Jika anda terlalu berfokus kepada bisnis anda, pada jadinya anda akan menyesal alasannya hal tersebut. Berikan waktu kepada diri anda untuk menikmati hal-hal lain yang harus anda rasakan, jangan hingga uang membutakan pikiran anda. Keseimbangan ini juga membantu diri anda untuk lebih senang dalam hidup, alasannya satu hal yang niscaya orang sukses ialah orang yang bisa membuat dirinya senang dalam segala aspek hidupnya.