7 Tips Jitu Membeli Rumah murah di Daerah Perkotaan

7 Tips Jitu Membeli Rumah murah di Daerah Perkotaan

Tingginya harga rumah membuat banyak generasi milennial patah arang soal memiliki rumah sendiri. Banyak yang pesimis generasi anak muda ini bisa punya rumah murah. Kami tidak setuju. Ada banyak cara agar generasi millennial ini punya tempat tinggal. Banyak jalan menuju Roma. Bertempat tinggal di lokasi suatu perkotaan yang besar memang menjadi impian masyarakat, karena memiliki rumah di perkotaan sendiri memberikan kebanggaan tersendiri.

Dan apabila lokasinya strategis, akan membuat pemilik rumah lebih mudah untuk mendapatkan akses yang lebih dekat kemanapun pergi, seperti ke kantor, sekolah, pasar atau pusat perbelanjaan. Salah satu hal menjadi permasalah adalah harga rumah di perkotaan jauh lebih mahal. Sehingga banyak orang yang ingin memiliki rumah murah di kota tidak memiliki biaya yang cukup untuk membelinya. Tetapi bukannya kita tidak mungkin untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa membeli rumah murah di daerah perkotaan, meskipun harus lebih jeli dan bersabar.

Perkembangan harga properti yang semakin tak terbendung menjadikan setiap orang harus bersaing untuk mendapatkan yang terbaik dengan harga termurah. Perkotaan merupakan salah satu lokasi strategis yang banyak diincar oleh para “pemburu” Rumah murah yang dekat dengan keramaian. Anda pun bisa mendapatkan rumah dengan lokasi strategis dan harga yang murah disana. Pasalnya saat ini telah banyak dibangun unit perumahan dengan harga terjangkau untuk semua kalangan.
Tips Membeli Rumah Murah di Daerah Perkotaan

1. Kumpulkan Semua Informasi yang Dibutuhkan

Yang pertama adalah Anda perlu mengumpulkan semua informasi yang berkaitan dengan penjualan rumah. Dalam hal tersebut Anda bisa mencari brosur ataupun mencari informasi untuk membeli rumah murah yang ada di daerah perkotaan melalui internet. Saat ini banyak sekali situs yang memberikan informasi seputar rumah di jual, seperti Wikipedia, Wikihow, dan lain-lain. Biasanya informasi tersebut sudah dicantumkan lokasi, kondisi dari rumah, luas runah, harga rumah dan yang lainnya. Dengan informasi tersebut,Anda bisa mencari perbandingan harga yang lebih murah. Selanjutnya, Anda bisa memilih mana rumah yang sesuai dengan keadaan dan juga kebutuhan Anda. Namun Anda juga perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

2. Lakukan Survei


Anda melakukan survei ke rumah yang hendak dijual untuk melihat kondisinya secara langsung. Anda bisa mengunjungi setiap rumah murah yang sudah Anda pilih sebelumnya melalui informasi iklan jual rumah. Pastikan kondisi dan fasilitasnya sesuai dengan keinginan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan rumah murah dengan kualitas yang sama seperti informasi yang sudah Anda dapatkan. Apabila cocok dengan rumah pilihan Anda, hubungi penjual dan lakukan negoisasi untuk penawaran sehingga mendapatkan harga yang lebih murah.

3. Cari Informasi Rumah Second Dan Lakukan Renovasi


Lokasi atau posisi rumah sangat penting, dan biasanya rumah dengan lokasi yang strategis akan dijual dengan harga yang lebih mahal. Akan tetapi, membeli rumah murah tidak selamanya harus dalam kondisi yang harus bagus. Beberapa perumahan di kota masih bisa dijumpai rumah second atau rumah tua. Biasanya mengenai rumah bekas ini harganya lebih murah karena kondisinya kurang bagus. Misalnya cat tembok mengelupas, genteng bocor dan tidak terawat. Rumah seperti ini pada umumnya tidak ditempati karena pemiliknya punya rumah lain. Namun, pastikan bahwa dinding rumah serta penyangga rumah dalam keadaan kokoh dan kuat. Kita bisa lakukan renovasi dengan biaya yang lebih murah jika dibandingkan dengan membeli rumah dalam kondisi bagus dan siap dihuni. Anda juga bisa menjual kembali rumah tersebut dengan harga yang lebih tinggi, karena letak atau lokasi rumah yang strategis.

4. Beli Rumah Lelang

Dalam hal ini Anda juga bisa membeli rumah murah melalui lelang bank. Yang mana pihak Bank melelang rumah karena beberapa debitur tidak mampu melunasi pinjaman. Rumah tersebut dijadikan jaminan untuk mendapakan pinjaman dan pada akhirnya disita bank untuk melunasinya. Biasanya, rumah yang dilelang harganya lebih murah karena pihak bank membutuhkan dana cepat agar kondisi finansial bank tetap lancar.

5. Beli Rumah Pinggiran

Meskipun lokasinya pinggiran, Anda tetap berada di lokasi kota yang memiliki banyak akses dan kemudahan. Harga rumah di pinggir kota biasanya lebih murah karena kebanyakan orang lebih memilih lokasi rumah di tengah kota. Namun pastikan bahwa rumah tersebut aman dan nyaman dan bebas dari banjir karena lokasi pinggiran kota kondisi tanahnya lebih rendah.

6. Spesifikasi Fisik Bangunan

Sudah menjadi hal yang lumrah jika saat membeli sebuah barang haruslah memperhatikan kondisi fisiknya. Begitu juga saat membeli rumah, pastikanlah hal-hal yang berkaitan dengan fisik rumah yang akan Anda beli sudah sesuai dengan ekspektasi Anda. Beberapa yang harus diteliti dari karakter spesifikasi banguna ialah seperti kondisi tembok bangunan dalam maupun luar hingga eksterior rumah.

7. Akses Kendaraan

Hal yang juga penting untuk menjadi perhatian adalah soal akses masuk kendaraan ke area rumah Anda. Kendaran roda empat menjadi ukuran standar kemudahan transportasi untuk menjangkau rumah Anda.

Demikianlah ulasan seputar rekomendasi rumah murah di perkotaan 2019 yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.