Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Desain Rumah Minimalis


Semakin hari semakin banyak orang kreatif yang menginginkan desain rumah sesuai dengan keinginan dan impiannya. Memiliki sebuah rumah impian tentu menjadi salah satu keinginan dari banyak orang. Rumah ideal yang mencakup semua ruangan sesuai dengan imajinasi dari calon pemilik adalah hal yang banyak orang ingin capai. Akan tetapi sering kali orang – orang awam tidak memiliki pengetahuan yang cukup luas tentang desain rumah sehingga tetap harus menggunakan jasa arsitektur. Akan tetapi sebelum membuat desain rumah yang sesuai dengan keinginan perhatikan tips – tips berikut ini:

1. Sesuaikan dengan budget yang dimiliki
Sebelum mendesain rumah, sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Luas tanah , luas ruangan dan segala perabot yang ada di dalamnya harus sesuai dengan kisaran biaya yang dimiliki oleh calon penghuni.

2. Sesuaikan dengan kondisi lingkungan
Membangun sebuah rumah baru tentu harus memperhatikan lingkungan. Sebagai contoh saat ingin memelihara binatang apakah tempat tinggal baru yang akan segera dibangun diperbolehkan memelihara binatang. Selain faktor – faktor tersebut kondisi lingkungan yang aman, tidak pernah terdampak banjir atau hal – hal lain harus sangat diperhatikan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Desain Rumah Minimalis

Hal – Hal Penting Dalam Pembuatan Desain Rumah


Hal – hal tersebut harus sangat diperhatikan karena pembuatan desain rumah yang salah akan mempengaruhi penghuninya. Jika kawasan yang akan dibangun sering kali terkena banjir maka pondasi rumah harus dibuat sedikit lebih tinggi agar saat banjir air tidak sampai memasuki rumah. Hal – hal kecil tersebut yang harus sangat diperhatikan. Selain desain luar bangunan desain bagian dalam rumah juga harus diperhatikan. Desain tersebut juga akan mempengaruhi betah tidak nya seseorang untuk tinggal di tempat tersebut. Untuk itu terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan mendesain rumah seperti yang diulas oleh artikel.rumah123.com yaitu :


  • Tentukan tema

Menentukan tema berarti menentukan secara umum interior yang akan dipakai dalam desain rumah. Tema dapat mengambil dari berbagai macam referensi. Tema juga bisa disesuaikan untuk setiap ruangan. Untuk kamar anak bisa mengambil tema tokoh kesukaan mereka atau tokoh – tokoh superhero dan kartun yang terkenal. Untuk ruang tamu dan ruangan lain dapat menggunakan tema sesuai keinginan. Usahakan tema dengan luas ruangan harus seimbang untuk menghindari celah kosong yang dapat mengurangi keindahan dekorasi ruangan


  • Sesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan
Dalam mendesain ruangan kenali lebih dulu aktivitas yang akan dilakukan di ruangan tersebut. berikan perabot yang sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan. Ruang tamu yang digunakan untuk menjamu dan menerima orang usahakan untuk tidak terlalu penuh dengan perabot ataupun dekorasi – dekorasi pendukung lainnya. Hal tersebut untuk menghindari efek penuh sesak jika sedang kedatangan tamu. Begitu pun dengan ruang lain, sesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan dan jangan memberi dekorasi yang berlebihan.


  • Tentukan warna

Pemilihan warna yang tepat juga mempengaruhi keadaan ruangan. Desain rumah dengan warna – warna gelap akan membuat ruangan terlihat lebih sempit dan suram. Sebaiknya gunakan warna – warna cerah agar ruangan terlihat lebih segar.


  • Penempatan dekorasi

Ruangan yang terbatas akan tetapi memiliki banyak dekorasi membuat ruangan tersebut terlihat sesak. Untuk menghindari hal tersebut, tata dekorasi ruangan hingga terlihat lebih luas. Tempatkan barang – barang besar di pojok ruangan agar ruangan tengah terlihat lebih luas. Selain itu hindari penumpukan perabot besar pada satu ruang. Jika sudah terdapat kursi dengan dudukan luas tidak perlu lagi menambah sofa pada ruangan tersebut.

Itu tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat desain rumah model minimalis. Semoga bermanfaat