Mengapa AC Mobil Tidak Dingin? Coba Cek Hal Berikut Ini

AC mobil yang tidak dingin ketika dinyalakan sepertinya menjadi masalah yang paling banyak dikeluhkan oleh para pemilik mobil. Namun jika kita mengadukan masalah ini ke bengkel yang kurang terpercaya maka mereka akan menduga bahwa penyebab masalah pada AC mobil tidak dingin ini dikarenakan kehabisan freon, sehingga masalah ini bisa diselesaikan hanya dengan mengisinya ulang.

Mengapa AC Mobil Tidak Dingin? Coba Cek Hal Berikut Ini

Padahal cara merawat AC mobil tidak melulu mengenai tentang freon, pasalnya freon tidak akan cepat habis dalam waktu yang lama. Kalaupun habis maka ini menandakan adanya kerusakan atau kebocoran yang ada pada AC itu sendiri. Sehingga sebelum melakukan pengisian freon memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah masalah ini disebabkan karena kehabisan freon atau faktor yang lain. Ada beberapa hal yang penyebab masalah pada AC mobil tidak dingin, seperti:

  1. Terjadinya kebocoran pada selang atau pipa sistem pendingin ruangan mobil. Kondisi ini biasanya terjadi bukan karena cara merawat AC mobil yang salah namun karena faktor usia, penggunaan part yang kurang baik atau part yang tidak asli.
  2. Kerusakan yang terjadi pada evaporator dan kondensor juga akibat telah dipakai dalam waktu yang cukup lama juga bisa menjadi penyebab masalah pada AC mobil tidak dingin saat dinyalakan. Evaporator dan kondensor yang rusak selain disebabkan karena usia juga bisa jadi karena terkena kotoran dan tersumbat benda seperti kerikil.
  3. Penyebab masalah pada AC mobil tidak dingin juga bisa terjadi karena kerusakan pada kompresor. Cara merawat AC mobil yang benar memang harus memperhatikan seluruh komponennya, agar tetap awet. Hal ini biasanya ditandai dengan terdengar bunyi-bunyian dari bagian permesinannya dimana kompresor ini berada.

Penyebab masalah pada AC mobil ini bisa diakibatkan oleh banyak hal, baik itu kerusakan pada komponen-komponen AC sendiri maupun perawatan AC mobil yang kurang benar. Kebiasaan tidak baik para penumpangnya pun juga bisa menjadi penyebabnya. Jadi selain menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa mengganggu kinerja AC mobil, Anda sebaiknya melakukan pengecekan pada AC untuk mengetahui masalahnya dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Anda dapat membawa ke bengkel specialist yang mekaniknya sudah pernah belajar kursus ac mobil secara khusus.

Sebenarnya masalah yang timbul pada AC mobil tak melulu disebabkan karena kerusakan, bukan? Masalah-masalah tersebut lebih sering timbul karena pemilik kurang memperhatikan cara perawatannya. Cara merawat AC mobil yang kami berikan di atas bisa membantu Anda mengurangi resiko terjadinya kerusakan pada AC mobil, namun jika AC memang sudah rusak maka pilihlah bengkel service mobil yang terpercaya agar kerusakan bisa ditangani dengan baik dan mendapatkan part-part yang berkualitas dan original. Nah, demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai cara merawat AC mobil agar awet dan tetap dingin. Semoga bermanfaat 