6 Jenis Penyakit yang Penanganannya Dilakukan Oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Gastroenterologi-Hepatologi)


6 Jenis Penyakit yang Penanganannya Dilakukan Oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Gastroenterologi-Hepatologi)

Sistem pencernaan manusia memang terbilang cukup kompleks dan melibatkan banyak sekali organ-organ di dalamnya untuk bekerja, itulah mengapa tidak heran jika seandainya sering kali bermasalah, entah itu disebabkan karena pola makan yang salah atau faktor pemicunya karena infeksi bakteri. Jika seandainya Anda mengalami penyakit yang berhubungan dengan pencernaan ini, tentunya tidak boleh asal dalam menjalani pengobatan. Ada bisa mempercayakannya kepada dokter spesialis penyakitdalam (gantroenterologi-hepatologi).

Ini adalah sebuah cabang ilmu kedokteran khusus yang menangani masalah berbagai macam gangguan pencernaan yang dialami oleh manusia. Subspesialis yang satu ini bisa dengan mudah ditemukan di beberapa rumah sakit besar. Ia termasuk dalam departemen penyakit dalam. Pada dasarnya kondisi kesehatan yang berhubungan dengan pencernaan ini memang rentan dialami oleh siapa saja, mulai diantaranya adalah anak-anak sampai dengan orang yang sudah lanjut usia. Namun orang yang sudah tua atau lanjut usia ini yang paling sering mengalaminya, karena keadaan organ-organ tubuh yang sudah mulai mengalami kemunduran atau degenerasi.

Berikut ini diantaranya ada beberapa gangguan kesehatan yang dapat dipercayakan pengobatannya kepada spesialis penyakit dalam (gastroenterologi-hepatologi), yaitu:

  1. Tukak lambung, termasuk dalam gangguan kesehatan yang sering kali dialami oleh masyarakat bukan, apalagi dengan pola makan yang tidak teratur. Hal ini bisa terjadi karena bagian dinding lambung mengalami pengikisan, sehingga menyebabkan rasa nyeri, bahkan sampai ke ulu hati. Jika dibiarkan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama maka bisa memicu masalah kesehatan yang lebih serius.
  2. Penyakit asam lambung, ketika asam lambung yang diproduksi tubuh terlalu berlebih bahkan naik hingga ke bagian kerongkongan, maka sangat rentan menyebabkan rasa sakit, hingga ke bagian ulu hati, ada rasa seperti terbakar dan tidak nyaman ketika digunakan untuk mengkonsumsi makanan.
  3. Radang pankreas, peradangan yang terjadi pada pankreas ini dapat dipicu oleh berbagai macam faktor, jika sudah seperti ini maka akan menyebabkan gangguan enzim yang berada pada saluran cerna manusia.
  4. Irritable bowel syndrome, ini adalah gangguan sistem pencernaan jangka panjang yang terjadi pada susu besar, gejalanya sendiri mulai dari diare, mual hingga perut yang terasa kembung. Sehingga membutuhkan penanganan secara khusus oleh dokter spesialis penyakit dalam ini.
  5. Hepatitis, masalah kesehatan yang menyerang organ hati, disebabkan karena infeksi virus, jenisnya sendiri ada beberapa macam, diantaranya adalah hepatitis A dan juga B yang paling sering menjangkiti masyarakat, jika kondisi yang satu ini dibiarkan secara terus menerus aka beresiko tinggi sebabkan kerusakan hati. Sehingga jika seandainya sudah mulai terasa gejala-gejala tersebut, hendaknya segera dilakukan pengobatan.
  6. Tumor hingga kanker pada saluran pencernaan, masalah kesehatan yang dapat dikatakan sangat serius, bisa menyerang bagian tubuh mana saja, termasuk diantaranya juga adalah pada organ saluran cerna manusia, sehingga membutuhkan pengobatan secara khusus bahkan juga harus disertai dengan kemoterapi.
Dokter spesialis penyakit dalam (gastroenterologi-hepatologi) ini nantinya akan memberikan berbagai macam bentuk pengobatan, mulai diantaranya adalah dengan konsultasi, hingga penanganan medis serius seperti langkah operasi. Sehingga ada baiknya untuk Anda segera melakukan pengobatan jika seandainya sudah terasa beberapa macam gejala atau masalah kesehatan layaknya sreing mengalami sakit perut atau nyeri di ulu hati, muntah dan juga BAB tidak normal, maag, sulit menelan makanan dan sebagainya.