Cara Efektif Cegah Sakit Tenggorokan yang Berkepanjangan



 Sakit tenggorokan memang disebabkan oleh banyak hal dan gejalanya sangat mengganggu. Meski demikian, janganlah takut terserang gangguan kesehatan tersebut dengan melakukan upaya pencegahan. Tenggorokan yang sakit bisa dicegah dengan menghindari berbagai penyebabnya sekaligus hidup sehat. Berikut inilah serangkaian cara yang dimaksud.

1.    Rutin Mengonsumsi Air Putih
Air putih harus dikonsumsi secara rutin untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Mengonsumsi air putih juga bermanfaat menjaga kelembaban tubuh, termasuk tenggorokan dan kulit. Sesuai aturan, Anda harus minum air putih sebanyak 8 gelas per hari.

Jika berada di tempat yang panas atau kering, maka minumlah lebih banyak air putih agar tidak dehidrasi dan menyebabkan tenggorokan kering yang nantinya berujung pada radang di tenggorokan. Jadi, upaya pencegahan ini sangat penting dilakukan demi kesehatan tenggorokan Anda.

2.    Mengonsumsi Makanan Sehat Bernutrisi
Makanan sehat dan bernutrisi sangat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan metabolisme tubuh. Kesehatan tubuh akan terjaga karenanya. Beragam gangguan kesehatan, termasuk sakit di tenggorokan bisa dicegah.

Mengonsumsi menu empat sehat lima sempurna harus dilakukan setiap harinya agar kebutuhan nutrisi terjamin. Jika nutrisi terjamin, maka sistem imun akan stabil dan menangkal virus atau bakteri yang menyerang tenggorokan. Dengan demikian, upaya pencegahan lewat pola makan sehat terbukti sangat efektif.

3.    Menghindari Polusi Udara
Polusi udara adalah salah satu penyebab munculnya gangguan kesehatan di tenggorokan. Udara yang kotor tersebut membawa virus dan bakteri hingga terhirup dan masuk ke tenggorokan. Hal ini menyebabkan sakit tenggorokan. Karenanya, hindarilah lingkungan yang berpolusi udara agar tidak menghirup udara kotor yang berbahaya tersebut.

4.    Menjaga Kebersihan
Kebersihan sangat penting untuk dijaga demi menjaga kesehatan tubuh, termasuk saluran pernapasan. Dengan membersihkan lingkungan, Anda akan menjaga udara tetap bersih dan jauh dari debu dan kotoran. Tenggorokan akan tetap sehat dan terhindar dari gangguan kesehatan, seperti radang, infeksi, dan sebagainya.

5.    Menghindari Kontak dengan Penderita Gangguan Pernapasan
Untuk menghindari gangguan pada tenggorokan, tentu saja Anda harus menghindari penderita gangguan pernapasan. Sebisa mungkin, Anda mengurangi kontak dengan penderita flu, batuk, influenza, dan penyakit pernapasan lain yang menular lewat udara. Tujuannya agar Anda tidak tertular.

6.    Menggunakan Masker
Masker sebagai pelindung hidung dan mulut sangat berguna untuk mencegah sakit di tenggorokan. Anda bisa memakainya ketika berada di jalan raya, berkendara, di dekat penderita gangguan pernapasan, ataupun di lingkungan kering dan berdebu.

7.    Menghindari Rokok dan Alkohol
Rokok dan alkohol juga harus dihindari. Bagaimana tidak, paparan bahan kimia secara terus menerus dapat berisiko menimbulkan gangguan pada saluran pernapasan, termasuk tenggorokan. Karenanya, hindarilah rokok dan alkohol untuk menjaga kesehatan tubuh.

Upaya pencegahan tersebut harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan agar badan tetap sehat dan sistem imun stabil. Menghindari berbagai penyebab sakit tenggorokan, seperti polusi udara, paparan zat kimia, kontak dengan penderita, bisa meminimalisasi gangguan di tenggorokan. Anda bisa beraktivitas dengan lancar dan nyaman pastinya.