Jual Mobil Bekas: Agar Tidak Kecewa, Ketahui Cara Mengenali Mobil Bekas Tabrakan Sebelum Membelinya


Mengenali Mobil Bekas Tabrakan

Banyak orang yang mengidam-idamkan untuk memiliki kendaraan sendiri, khususnya adalah kendaraan roda empat atau mobil. Hanya saja karena jika dilihat dari segi harganya yang mahal, maka tidak heran jika kemudian cukup banyak yang mengurungkan niat membeli mobil baru dan lebih prefer membeli produk kendaraan bekas atau second. Memang pada dasarnya tidak dapat dipungkiri jika seandainya dari segi harga sendiri, maka harga jual mobil bekas memang cenderung lebih murah.

Namun dari segi kualitasnya sendiri juga tidak perlu diragukan, asalkan Anda selektif di dalam memilih, maka nantinya bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas dengan harga yang lebih murah, menarik bukan. Sekarang ini bahkan Anda bisa dengan mudah menemukan situs jual beli untuk produk kendaraan bekas tersebut, tak hanya dilakukan secara langsung, melainkan Anda bisa juga membelinya secara online, pilihannya lebih bervariatif dan juga konsumen berkesempatan untuk banding-bandingkan harga sehingga bisa mendapatkan yang paling murah.

Hanya saja sering kali yang menjadi masalah ketika membeli produk kendaraan bekas ini adalah konsumen tidak pandai dalam memilih. Banyak diantaranya yang rugi karena ternyata mobil yang dibeli tersebut bekas kecelakaan, sehingga performanya juga tidak lagi optimal. Untuk itu sebelum memutuskan membeli mobil bekas, agaknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa ciri dari mobil bekas tabrakan berikut ini, yaitu:

  1. Terdapat bekas di salah satu atau beberapa bagian, tanda paling utama yang bisa dengan mudah Anda cek adalah keberadaan bekas di beberapa bagian kendaraan tersebut, meskipun sudah dilakukan perbaikan ataupun pengecatan, namun tidak akan bisa kembali seperti sedia kala. Sehingga sebagai konsumen maka Anda yang harus lebih selektif di dalam memilihnya.
  2. Posisi kaca bagian depan maupun belakang mobil tidak benar, cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah kendaraan tersebut bekas tabrakan atau tidak adalah di kaca. Dimana sering kali kaca mobil bekas tabrakan entah itu di bagian depan maupun belakang tidak presisi atau tidak sama. Untuk memeriksanya mudah, cukup dengan menyemprotkan air pada kaca tersebut, biasanya jika pemasangan tidak tepat maka akan membuat air tersebut merembes kedalam.
  3. Lekukan bodynya asimetris, jika kecelakaan yang dialami parah sudah pasti akan menyebabkan perubahan di bagian body kendaraan tersebut, seperti yang paling sering terjadi adalah body melengkung atau jadi tidak simetris lagi.
  4. Periksa bagian starter dan lakukan test drive, kebanyakan diantara penjual tidak memperbolehkan calon konsumen untuk mencoba kendaraan tersebut, apalagi yang bekas kecelakaan, karena sudah pasti saat dikendarai rasanya tidak senyaman kendaraan yang masih baru. Hal ini disebabkan karena memang radius putar antara bagian kanan dan juga kiri hingga jarak pijak roda tidak sama lagi.
  5. Melakukan spooring manual, caranya mudah yaitu dengan memutar benang nilon di bagian 4 roda mobil sampai rata, kemudian lihatlah apakah terdapat renggangan antara roda bagian depan dan juga belakangnya. Jika seandainya ditemukan masalah, maka hendaknya jangan membeli kendaraan tersebut, namun jika seandainya tampak masih lengkap sebenarnya masalah pada kendaraan tersebut masih bisa diperbaiki.
Itukah beberapa langkah mudah yang dapat Anda gunakan untuk mengecek apakah mobil tersebut bekas tabrakan maupun tidak. Jual mobil bekas ini sekarang banyak tersedia online, jadi akan memberikan kemudahan bagi Anda di dalam pembeliannya. Banding-bandingkan juga harganya untuk dapatkan yang paling murah berkualitas.